by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Kami tetap melayani pembelian secara online

Sehubungan dengan wabah COVID-19, kami tetap melayani pembelian barang secara online.

Nikmati ONGKOS KIRIM GRATIS untuk tujuan Pulau Jawa.

Untuk konsultasi, gunakanlah telp 0274-6059988 atau email/web. Kantor Yogyakarta beroperasi Senin - Jumat jam 09.00 - 17.00 WIB dan untuk sementara tidak melayani kunjungan konsultasi dan support.

Artikel

Fitur menarik pada Access Point Ruijie

Kamis, 29 September 2022, 09:08:11 WIB
Kategori: Ruijie

Jika kemarin kita sudah membuat artikel tentang konfigurasi dasar Ruijie menggunakan Cloud Mobile, kali ini kita akan membahas apa aja sih fitur yang ada di dalam nya? 
Pada kali ini kita masih menggunakan perangkat Access Point Ruijie Reyee, kita akan mengulik fitur yang ada didalamnya, berikut beberapa fitur yang ada pada Access Point Ruijie Reyee : 

Band Steering

Jika dalam dalam satu perangkat client ada frekuensi 2Ghz dan 5Ghz atau lebih dikenal dual band, nah fitur ini akan membantu perangkat client memprioritaskan untuk terhubung pada frekuensi 5Ghz pada Access Point. 

 

AP Isolation

Fitur ini merupakan fitur yang umum sekali terdapat pada perangkat-perangkat Access Point. Fitur AP Isolation pada perangkat Ruijie ini bisa digunakan untuk membatasi komunikasi antar user, sehingga antar user tidak diijinkan untuk saling komunikasi.  


 

Blacklist atau Whiteist

Selain fitur AP Isolation, pada perangkat Ruijie ini memiliki fitur Wi-Fi Blacklist atau Whitelist. Fitur ini digunakan untuk menentukan perangkat client mana saja yang diijinkan terkoneksi atau tidak. 

Fitur White List berfungsi untuk membuat daftar perangkat-perangkat yang boleh terkoneksi. Sedangkan fitur Black List berfungsi untuk membuat daftar perangkat-perangkat yang tidak boleh terkoneksi. Kita bisa tentukan berdasarkan MAC Address client, atau Prefix OUI (MAC Mask) .

Fitur Blacklist atau Whitelist ini bisa digunakan untuk suatu SSID, atau semua SSID yang terkonfigurasi pada AP.


 

Hide SSID 

Jika anda sedang tidak ingin menggunakan salah satu SSID sementara waktu, maka anda tidak perlu menghapus SSID tersebut, anda cukup hiden SSID yang tidak ingin anda aktifkan.

 

 

Wireless Schedule

Anda bisa menggaktifkan Wifi anda pada hari tertentu misal anda hanya ingin menggunakan Wifi pada saat weekend saja atau hanya pada weekdays saja, nah anda bisa menggunakan fitur ini untuk mengaktifkannya.

 

Disini anda tidak hanya dalam hitungan hari saja, mungkin anda ingin menentukan pada waktu tertentu saja, misal malam hari saja mulai dari puku 19.00-22.00, anda bisa pilih menu custom untuk menggunakan nya. 

 

Xpress

Jika anda suka bermain game online dan tidak mau diganggu oleh user aktif lain yang sedang mengakses streaming atau lainnya, anda dapat menggunakan fitur ini untuk memprioritaskan lalu lintas game pada internet anda

 

Multiple SSID 

Dalam satu Access Point anda juga bisa menggunakan beberapa SSID, ini berfungsi ketika dalam satu area anda ingin mengelompokan beberapa kelompok user atau kelompok area yang ingin anda pisah.

 

VLAN

Jika dalam satu Access Point anda ingin menggunakan beberapa segmen jaringan anda dapat menggunakn fitur VLAN ini, fitur VLAN ini juga dapat anda kombinasikan dengan fitur Multiple SSID, misal setiap SSID anda ingin membuat segmen jaringan sendiri fitur ini dapat anda gunakan.

Berikut contoh penggunaan VLAN pada SSID Lobby Hotel, untuk SSID Lobby Hotel menggunakan VLAN 100 untuk menggunakan jaringan nya.

 

Kick Off Threshold

Kick-off Threshold merupakan salah satu fitur menarik pada Access Point Ruijie. Fitur ini berguna untuk membatasi client yang akan terkoneksi berdasarkan signal strength. Fitur ini akan sangat berguna ketika kita mengimplementasikan wireless roaming. 

Salah satu kendala ketika mengaktifkan wireless roaming adalah, wireless client kita masih terkoneksi ke AP sebelumnya, tidak secara otomatis berpindah ke Acess point terdekat. Dengan fitur Kick-off Threshold maka kita bisa buat batasan, ketika terdapat perangkat yang memiliki signal yang jelek, maka perangkat tersebut akan di putuskan dari Access Point, sehingga perangkat client bisa terkoneksi ke AP terdekat yang memiliki signal yang lebih baik.

 

Transmit Power

Dengan memiliki daya pancar yang besar maka jangkauan Access Point bisa lebih jauh lagi, namun dengan daya pancar yang besar maka akan semakin rentan interferensi. Jika di sekitar kita sudah banyak Access Point, maka memperbesar TX Power bukanlah menjadi solusi, karena nanti akan menyebabkan interfrensi. Sebagai solusinya, maka kita bisa menurunkan tx power. Defaultnya Transmit Power terkonfigurasi auto, dengan konfigurasi ini Access Point Ruijie akan melakukan penyesuaian tx power secara otomatis.

 

Layer 3 Roaming

Ketika ada beberapa Access Point dalam satu area dan anda sering berpindah-pindah tempat, anda dapat menggunakan fitur ini. Ketika perangkat anda berpindah dari Access Point A ke Access Point B fitur ini dapat membantu memaksimalkan sesi perpindahan tersebut tanpa terputus koneksi wifi pada perangkat anda.

 

Wifi Optimization

Fitur ini digunakan untuk memudahkan anda dalam melakukan konfigurasi wireless, fitur ini akan menyesuaikan kekuatan sinyal, status client dan laju transfer serta menganalisis informasi melalui algoritme cerdas untuk memberikan solusi jaringan yang optimal.

Anda juga bisa menjadwalkan pengoptimalan wifi anda

 

Wifi6

Fitur Wifi6 pada pada Access Point Ruijie bisa di aktifkan jika di sisi hardwarenya juga sudah mendukung wifi6. Dengan menggunakan fitur ini maka akan mengaktifkan teknologi 802.11ax. Untuk menggunakan fitur ini maka pastikan di sisi client juga sudah mendukung teknologi wireless 802.11ax sehingga di sisi client bisa menikmati kecepatan super tinggi berbasis 802.11ax. Jika di sisi client masih belum mendukung 802.11ax maka Anda bisa matikan fitur ini.

 

Wifi Controller

Jika anda ingin memasang beberapa perangkat Access Point dalam satu gedung atau tempat, nah untuk mengkonfigurasinya anda tidak perlu satu per satu, cukup salah satu Access Poin dijadikan untuk “Master” Access Point dan lainnya sebagai Slave. Dibawah ini ada contoh 2 Access Point yang berasa dalam satu group jaringan, yang satu sebagai Master dan yang satu sebagai Slave. 


 




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Ruijie