by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

Troubleshooting System pada CRS326 Series

Jum'at, 29 Desember 2017, 15:11:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan

Produk CRS 326 series merupakan sebuah produk baru yang masuk dalam kategori manageable switch di MikroTik. Ada sebuah keistimewaan dari produk ini yaitu adanya "Dual Boot" system. Secara umum untuk system dari switch yang digunakan di MikroTik adalah RouterOS dan juga SwOS. Dan pada CRS 326 Series ini support untuk penggunaan RouterOS dan juga SwOS dalam satu perangkat dengan Dual-Boot system-nya. Jadi kita tinggal memilih apakah akan menggunakan RouterOS atau SwOS untuk melakukan management layer2.

Namun bagaimana jika terjadi masalah terhadap sistem di kedepannya. Misal, untuk RouterOS mengalami kernel failure atau untuk SwOS terjadi firmware break dan upgrade failed.

RouterOS

Untuk RouterOS sendiri sudah umum cara yang digunakan untuk mengatasi system failure, yaitu melakukan install ulang menggunakan aplikasi NETINSTALL. Langkah-langkah netinstall pada RouterOS sendir ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Jika routerboard terdapat port serial console kita bisa menggunakan kabel serial dan dengan aplikasi Terminal emulator seperti hyperterminal atau Putty untuk mengubah proses booting-nya. Jika tidak ada bisa menggunakan tombol reset.

Untuk cara melakukan netinstall router tanpa menggunakan kabel serial, Anda bisa ikuti langkah berikut :

  • Cabut power adaptor router anda
  • Tekan tombol reset kecil yang ada di router anda, dan anda tahan.
  • Sambil tetap ditahan, anda nyalakan power adaptornya
  • Tunggu beberapa saat, nanti di program Netinstall anda akan muncul mac-address dari router anda.

Detail langkah penggunaan netinstall bisa dilihat pada video berikut: http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=25


SwOS

Jika untuk SwOS yang terdapat pada CRS326 Series, ada perbedaan cara install ulang systemnya. Dan tentu tidak sama caranya install ulang RouterOS karena perbedaan system opersai yang digunakan. Pada artikel sbelumnya juga sudah dibahas perihal install ulang SwOS yakni pada RB260GS Series.

Namun, untuk SwOS pada CRS326 Series terdapat perbedaan untuk melakukan reinstall yaitu dengan hanya menggunakan tombol reset saja tanpa perlu menggunakan TFTP Server. Karena pada system-nya sudah menyimpan backup firmware SwOS.


Adapaun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Cabut Power (pastikan router dalam kondisi OFF).
  • Tekan tombol reset dan tahan.
  • Sambil menahan tombol reset, kita nyalakan powernya.
  • Kurang lebih sekitar 30 detik menahan power dari posisi awal nyala kemudian baru dilepas.
  • Secara otomatis akan terinstall kembali backup firmware SwOS 2.0p

*) Catatan :

Install Ulang system RouterOS dan SwOS walaupun terdapat dalam satu perangkat tidak saling berpengaruh. Ketika melakukan Netinstall pada RouterOS tidak akan menghapus konfigurasi yang ada di SwOS.





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan